Selasa, 24 April 2012

How to Install Oracle 10g release 2

Hari ini gw menjelaskan tentang bagaimana caranya menginstall Database Managament System (DBMS) Oracle.  Ini merupakah salahsatu matakuliah wajib dikampus gw hahaha. Jadi sekalian berbagi sekalian belajar.

1. Software DBMS Oracle 10g
Software yang gw gunakan saat ini Oracle 10g release 2 tapi gak terlalu beda jauh sama yang 10g release pertama atau sama yang versi sebelumnya. Kalo belum punya anda bisa download disitus resminya di oracle.com. Disana ada banyak versi Oracle tapi disini gw menggunakan Oracle 109 release 2 (10.2.0.3/10.2.0.4) on Windows 7 Sp1.

2. Proses Instalase
Jika sudah punya Softwarenya langsung klik setup lalu ikuti prosedurnya. Setelah kita klik file setup akan muncul command DOS yang berfungsi menyiapkan komponen komputer untuk menginstall oracle. Lalu akan muncul Form Welcome to the Oracle 10 g Installation. Disana ada 2 opsi proses instalasi Basic dan Advance. Kalo mau ngoprek lebih dalam silahkan pilih Advance tapi saya sarankan pilih Basic karna yang akan dijelaskan tentang proses instalasi basic.

Install Oracle 1
Yang pelu diperhatikan disni adalah opsi pilihan create starter Database (additonal 720 mb) untuk tidak dicentang karena kita hanya ingin menginstall DBMS bukan membuat database. Untuk membuat database kita akan bahas dipertemuan artikel selanjutnya. Setelah itu pilih Next dan ikuti prosedur selanjutnya.

Install Oracle 2

Proses selanjutnya adalah Product - Spesfic Prerequisite Checks  yaitu mengecheck kelengkapan minimum requirements apakah komputernya layak atau tidak, kalo gak layak ya beli baru aja awkawkawk. .
Dan disini ada  eror di komputer gw yaitu masalah verifikasi Operating system solusinya dichecklist aja yang error artinya OS kita verifikasi sendiri. Setelah itu Next. 


Summary Oracle Database


Summary Oracle Database merupakan rangkuman tentang komponen apa saja yang akan di install di komputer anda lalu klik Install.


End of Installation
Setelah itu proses instalasi berakhir. Disana ada 2 garis yang saya tandai yang menjelaskan bahwa yang garis berwarna merah itu merupakan tempat Developper dan yang satunya untuk Database administrator. Untuk pembuatan database akan dijelaskan di artikel selanjutnya . . .

Semoga artikel ini bisa di pahami kalo ada masalah bisa PM saya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar