Sabtu, 28 April 2012

Things To Do After Installing Ubuntu 12.04

Have you installed an Ubuntu new version Just now?

#ubuntu baru saja merilis OS (Operating System) versi terbarunya yaitu versi 12.04 pada tanggl 26 April lalu  dengan code name Precise Pangolin. Pertanyaannya adalah apa yang harus dilakukan setelah itu?

In this article gw pengen berbagi beberapa tips yang gw lakukan setelah gw install OS ini di eeepc 1215b E 350 gw and they are :

1. Go to THE HOTSPOT AREA

Ini penting dan harus sangat dilakukan menurut gw kalo lu gak ada koneksi internet ini cukup sulit karena seluruh aplikasi yang ada di Software Center itu butuh koneksi internet. Jadi menurut gw kalo abis install OS Linux distro apapun juga lu langsung ketempat yang ada Internetnya mau dikosan temen lu, di tetangga sebelah, atau mungkin juga lu cari cafe yang hotspotnya syukur - syukur kalo tempat lu ada internetnya. Jadi Buruan cari Hotspot gratisan #hunting mode on.

2. Learn What's New Features

And the second step lu mesti mempelajari features terbaru dari OS versi 12.04 gw ada video yang mungkin lu bisa jadikan referensi. Ok Check this out from youtube #omgubuntu.



3. Search Your Addtional Drivers

Dan sangat disayangkan driver untuk Windows itu tidak bisa digunakan di linux, karena tipe dan format aplikasinya berbeda. Akan tetapi tidak usah khawatir. Ada aplikasi bawaan linux yang berfungsi untuk mencarikan driver yang sesuai dengan komponen - komponen hardware yang kita miliki yaitu Jockey (*jockey tidak diikut sertakan di Backtrack). Biasaya Jockey langsung otomatis mencarikan driver kita.

4. Customize Your Desktop

Jujur gw akui tampilan ubuntu kurang menarik anda tinggal menambahkan bebrapa aplikasi seperti Cairo Dock, my unity, ataupun Ubuntu tweak. Aplikasi tersebut bisa dicari di Software Center akan tetapi untuk Ubuntu tweak lu harus menambahkan repository terlebih dahulu dan caranya tinggal buka terminal lalu ketik

sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa 
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak


5.  Set up Your Social Network Accounts, Instant Messeging , Email Accounts and Your Privacy

After all now, lu udah tau features terbaru dari OS versi ini. Selanjutnya mensetup Account Social Network, Instant Meesseging dan Email. Karena apa?, karna kita galau dikit2 update status dan untuk melayani kegalauan kita kita harus mengkonfigurasikannya suapaya dapat melayani kegalauan kita *Hidup galau ! . Social Network, Instant Messeging and Email just in One Menu.

How to Set up?
Lu cukup klik tombol Messeging yang ada di taskbar atas, tinggal klik Chat,Broadcast, and Mail lalu follow your heart, tinggal ikutin instruksi yang diberikan just that is so easy. So selamat bergalau ria.

6. Install Flash Plugin or  Grab Chromium or Both of Them

 Bagi yang pecinta Web Browser Firefox lu hanya tinggal menambahkan Flashplugin dengan cara menginstallnya di terminal cukup buka terminal dan ketik 


sudo apt-get install flashplugin-installer

Jika lu ingin menambahkan chrome menjadi aplikasi lu lu tinggal cari di software center and install it.

Firefox or Chromium it's just a Religion but Internet Explorer its #sucks.
-Almustafa Dekaulitz 

7. Install Media Codecs

Tanpa musik dunia gw mati, bagaimana dengan lu?.
Satu lagi untuk memainkan musik dengan tipe MP3 dan MP4  kita harus menginstall media codecs karena apa MP3 atau MP4 itu tidak bisa dijalankan di Linux karena linux hanya dapat memainkan musik dan video bertipe ogg. Oleh karena itu anda harus menginstall aplikasi tambahan untuk memainkan MP3 dan MP4. Cukup mudah menginstallnya lu tinggal ke terminal linux lagi dan ketik

sudo apt-get install gstreamer0.10-plugins-ugly && sudo apt-get install gstreamer0.10-plugins-bad 

8. Install Wine and Play On Linux

Untuk anda yang masih terikat dengan software windows anda masih tetap bisa menggunakannya di Linux dengan bantuan wine atau Play On linux sebagai emulatornya tapi tetap anda harus mencari informasi tetang software ataupun game yang anda ingin mainkan di Linux dengan database yang ada di Wine dan Play on Linux . Silahkan anda mencarinya di software center dan mendownloadnya. Salah satu game windows yang saya sudah coba di Lnux adalah Warcraft 3 (dota) dan aplikasi office 2010.


Yuph thats all from me, ini merupakan tahapan awal untuk bisa menikmati OS ubuntu ini. Akan tetapi itu semua bisa disesuaikan dengan keinginan kalian karena belum begitu banyak juga yang gw oprek di ubuntu ini. Akan tetapi misalnya saya menemukan sesuatu yang baru akan saya publish di blog ini.

Mudah - mudahan article ini bermanfaat see you :*.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar