Rabu, 02 Mei 2012

Cent OS Sistem Operasi Untuk Komunitas

Cent OS merupakan singkatan dari Community Enterprise Operating System yang mana jika diartikan kedalam Bahasa Indo Sistem Operasi Perusahaan Komunitas. Ya Sistem Operasi ini diciptakan dari source code RHEL (Red Hat Enterprise Linux). 

Projek Cent OS berupaya 100% untuk compatibel dengan penghulunya Red Hat Enterprise Linux bisa dikatakan Cent OS merupakan Duplikat Red Hat Enterprise Linux versi gratis kalo penghulunya berbayar walaupun linux itu GPL tapi tetap ada beberapa aturan yang bisa membolehkan Sistem Operasi tersebut berbayar. Jadi, kalo punya duit pake RHEL kalo gak punya duit pake Cent OS.

Sebagian teman gw yang berprofesi sebagai tukang kabel alias teknisi jaringan dan server mengungkapkan bahwa Cent OS merupakan versi Sistem Operasi yang paling paten untuk server baik itu web server dan server jaringan. Hal ini dikarenakan Cent OS merpakan duplikasi yang sempurna dari Red Hat Enterprise Linux yang emang jagonya Sistem Operasi Enterprise.

Cent OS 6.2 merupakan versi terbaru itu bisa didownload di situs resminya Cen OS atau di Repository Linux Indonesia di Kambing UI. Itu semua terserah anda mau download dimana yang menting download atau gak bisa beli di penjual DVD software biasanya ada di Sabuga misalnya hahahahaha.

Kelebihan dari Cent OS ini 1 hal menurut gw orang awam yang sok pinter yaitu ada GUInya assoyy awkawk, kalo lu make ubuntu server blank cuma item doank hahahaha. Tapi kita harus mendownload modul - modulnya karena tidak diikut sertakan kalo ubuntu server udah sepaket hahahahaha. kesimpulannya lu kudu punya koneksi internet kalo gak ada lu bawa tuh server ke tempat hotspot pasangin lan trus download deh modul - modulnya awkawkawk *bercanda hehe.

Gw lagi bikin server yang mana nantinya gw gunakan sebagai regulator jaringan dan pusat data serta untuk testing oprekan gw hehehe. Ya seperti yang anda ketahui gw bukan expert tapi gw mau belajar oleh karena itu sebelum masuk kuburan yuk mari kita belajar. 

Untuk tutorial Cent OS gw make referensi dari sini tapi tetep apa yang terjadi  oleh server gw, tetap dipublih disini hehehehe. . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar